Rabu, 06 Desember 2017

UJI PERBEDAAN DUA MEAN SAMPEL INDEPENDENT



Hipotesis adalah asumsi atau dugaan mengenai sesuatu hal yang dibuat untuk menjelaskan hal, yang sering dituntut untuk melakukan pengecekan.
Dalam praktek sering kali ingin diketahui apakah ada perbedaan yang berarti dari dua rata-rata. Misalnya, apakah ada perbedaan rata-rata dari:
1.       Harga beras per Kg di dua pasar di suatu kota.
2.       Gaji karyawan perbulan di perusahaan asing dan nasional.
3.       Pendapatan perbulan petani di dua desa, dsb.

Perumusan hipotesisnya adalah sebagai berikut:








1.       Bila n > 30 ( sampel besar )







 













2.       Bila n < 30 ( sampel kecil )






Contoh:
Seorang pemilik toko yang menjual dua macam bola lampu merek A dan B, berpendapat bahwa tak ada perbedaan rata-rata lamanya menyala bola lampu kedua merek tersebut dengan pendapat alternatif ada perbedaan (tak sama). Guna menguji pendapatnya itu, kemudian dilakukan eksperimen dengan jalan menyalakan 100 buah bola lampu merek A dan 50 buah bola lampu merek B, sebagai sampel acak. Ternyata bola lampu merek A dapat menyala rata-rata selama 952 jam, sedangkan merek B 987 jam, masing-masing dengan simpangan baku sebesar 85 jam dan 92 jam. Dengan menggunakan  5% ujilah pendapat tersebut



Penyelesaian:















Seorang petugas pengawasan mutu rokok dari Depatemen Kesehatan berpendapat, bahwa tidak ada perbedaan antara rata-rata nikotin yang dikandung oleh batang rokok merek A dan merek B. Untuk menguji pendapatnya itu, kemudian diselidiki sebanyak 10 batang merek A dan 8 batang merek B sebagai sampel yang dipilih secara acak. Dari hasil penelitian, ternyata rata-rata nikotin rokok merek A sebesar 23,1 mg dengan simpangan baku 1,5 mg sedangkan untuk rokok B rata-rata nikotin sebesar 22,7 mg dengan simpangan baku 1,7 mg. Ujilah pendapat tersebut dengan menggunakan
0,05.
Penyelesaian:
























Seorang pejabat BKPM berpendapat bahwa tak ada perbedaan rata-rata modal perusahaan asing dan nasional, dengan alternatif ada perbedaan. Untuk menguji pendapat tersebut, kemudian dilakukan penelitian berdasarkan penarikan sampel secara acak dimana diteliti 8 perusahaan nasional dan 6 perusahaan asing. Ternyata hasil penelitian modal perusahaan dalam miliar rupiah sebagai berikut:
Nasional                                : 5, 7, 8, 3, 4, 9, 6, 5
Asing                      : 6, 5, 4, 7, 8, 6
Dengan menggunakan 5% , ujilah pendapat tersebut.
Penyelesaian:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar