SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan    : SMP/MTs
Mata Pelajaran          :
Matematika
Kelas/Semester          :
VIII/I
| 
Komepetensi Inti* | ||
| 
KI-1 | 
: | 
Menghargai
  dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. | 
| 
KI-2 | 
: | 
Menghargai
  dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
  gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
  dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya. | 
| 
KI-3 | 
: | 
Memahami
  dan menerapakan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan
  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
  fenomena dan kejadian tampak mata. | 
| 
KI-4 | 
: | 
Mencoba,  Mengolah, menyaji, dan  menalar dalam  ranah 
  konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
  dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
  sudut pandang/teori. | 
| 
KOMPETENSI
  DASAR | 
MATERI
  PELAJARAN | 
KEGIATAN
  PEMBELAJARAN | 
PENILAIAN | 
ALOKASI WAKTU | 
SUMBER BELAJAR | 
| 
1.1
  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya  
2.1
  Menunjukkan perilaku teliti dan sesuai prosedur dalam melakukan aktivitas
  dirumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi menggambar sketsa
  grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat kartesius mengikuti
  prosedur.  
3.10
  Menerapkan lokasi benda dalam koordinat Kartesius dalam menjelaskan posisi
  relatif terhadap acuan tertentu  | 
Sistem
  Koordinat | 
MENGAMATI: 
Mengamati
  secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
  berkaitan dengan sistem koordinat. 
MENANYA: 
·   Guru
  memotivasi, mendorong kreatifitas siswa dalam bentuk bertanya, memberi
  gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami, misal: Bagaimana kebiasaan
  manusia menggunakan denah, peta, gambar atau kode lainnya untuk menunjukkan
  letak benda, objek atau tempat serta peletakan tempat tersebut.  
·   Membahas dan
  diskusi untuk menanyakan berbagai sifat dan khususnya persamaan linear dua
  variabel, misal: Apa kelebihan dan manfaat mengubah masalah sehari-hari yang
  berkaitan dengan sistem koordinat, jenis sistem koordinat dan sebaliknya. 
MENGEKSPLORASI: 
·  
  Membahas, menjelaskan, mendeskripsikan konsep,
  sifat dan unsur-unsur yang membentuk sistem koordinat kartesius. 
·  
  Membahas, menjelaskan dan mendeksripsikan melalui
  contoh suatu titik dan bangun datar serta menggambarkannya dalam sistem
  koordinat kartesius. 
·  
  Menjelaskan denah atau peta posisi dan arah dari
  suatu benda atau letak suatu tempat serta unsur peta secara lengkap dalam
  sistem koordinat. 
·  
  menggambar berdasarkan hasil deskripsi denah atau
  peta dan arah dari suatu benda dan letak suatu tempat pada sistem koordinat. 
MENGASOSIASI: 
·  
  Menyelidiki, menganalisis dan membedakan melalui
  contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktivitas sosial
  sehari-hari yang merupakan sistem koordinat. 
·  
  Menganalisis dan menyimpulkan letak suatu benda
  bersifat yang relatif  apabila pusat
  koordinat digeser, dan implementasinya dalam penerapan garis lintang dan
  garis bujur bumi dan sebagainya. 
MENGKOMUNIKASIKAN: 
·  
  Menyajikan secara tertulis atau secara lisan hasil
  pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih
  perlu ditingkatkan, serta strategi atau konsep baru yang ditemukan
  beradasarkan apa yang dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok. 
·  
  Memberikan tanggapan hasil persentasi meliputi
  tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan
  informasi atau melengkapi informasi serta tanggapan lainnya. 
·  
  Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan
  dibantu oleh guru dari konsep yang telah dipahami, keterampilan yang
  diperoleh maupun sikap lainnya. | 
SIKAP: 
· Teliti 
· Disiplin 
· Tanggung jawab 
PENGETAHUAN: 
Tugas: 
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai sistem koordinat. 
Portofolio:
   
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
  diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri. 
KETERAMPILAN: 
Tes: 
·   Menggunakan koordinat kartesius untuk
  menentukan posisi titik dan garis terhadap acuan tertentu dilingkungan kelas
  menggunakan ubin kelas. 
·  
  Mencari dan membaca materi yang berkaitan dengan posisi suatu
  benda dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan sistem koordinat. | 
3 x 5 JP | 
·        
  Buku teks matematika
  kemendikbud 
·        
  Lingkungan kelas 
·        
  Peta atau alat peraga
  koordinat 
·        
  Buku referensi | 
| 
1.1
  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya  
2.1
  Menunjukkan perilaku teliti dan sesuai prosedur dalam melakukan aktivitas
  dirumah, sekolah dan masyarakat sebagai wujud implementasi menggambar sketsa
  fungsi aljabar sederhana. 
3.1
  Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional dan pecahan. | 
Operasi
  aljabar | 
MENGAMATI: 
Mengamati
  secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
  berkaitan dengan operasi aljabar. 
MENANYA: 
·    Guru
  memotivasi, mendorong kreativitas siswa dalam bentuk bertanya, memberi
  gagasan yang menarik dan menantang. 
·    Membuat
  pertanyaan yang berkaitan dengan bilangan rasional dan pecahan 
·    Membuat
  pertanyaan yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar 
·    Membuat
  pertanyaan yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian bentuk aljabar. 
MENGEKSPLORASI: 
·    Menerapkan
  operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional pada masalah yang berbentuk
  simbolik. 
·    Menerapkan
  operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional pada masalah yang berbentuk
  verbal. 
·    Berdiskusi
  masalah yang berkaitan dengan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk
  aljabar kemudian disimpulkan isi sifat-sifat penjumlahan, pengurangan,
  perkalian dan pembagian bentuk operasi aljabar. 
MENGASOSIASI: 
·    Menganalisis variabel,
  koefisien, dan konstanta yang terdapat di operasi aljabar. 
·    Menganalisis
  variabel, koefisien, dan konstanta operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk
  aljabar. 
·    Menganalisis
  variabel, koefisien, dan konstanta dalam operasi perkalian dan pembagian aljabar 
MENGKOMUNIKASIKAN: 
·    Menyampaikan
  materi tentang bilangan rasional yang berkaitan dengan masalah sehari-hari.  
·    Menyampaikan
  pengertian variabel, koefisien, dan konstanta dan menerapkan operasi
  penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dalam penyelesaian masalah
  sederhana yang trekait dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan
  pembagian bentuk aljabar. | 
SIKAP: 
·    Teliti 
·    Disiplin 
·    Tanggung jawab 
PENGETAHUAN: 
Tugas: 
·      Tes tertulis bentuk uraian
  mengenai penyelesaian masalah sederhana
  yang terkait dengan operasi aljabar  
·      Mengerjakan
  latihan soal-soal mengenai variabel, kontanta, koefisien dan operasi aljabar. 
Portofolio: 
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas
  yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri. 
KETERAMPILAN: 
Tes: 
Mencari
  dan membaca materi yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian
  dan pembagian aljabar dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan operasi
  aljabar. | 
3 x 5 JP | 
·        
  Buku teks matematika
  kemendikbud 
·        
  Lingkungan kelas 
·        
  Buku referensi | 
| 
1.1
  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya  
2.1
  Menunjukkan sikap logis,
  kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan
  tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah. 
 3.5
  Menyajikan fungsi dalam berbagai relasi, pasangan berurut, rumus fungsi,
  tabel, grafik dan diagram. | 
Fungsi | 
MENGAMATI: 
Mengamati
  secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
  berkaitan dengan operasi aljabar. 
MENANYA: 
·    Guru
  memotivasi, mendorong kreativitas siswa dalam bentuk bertanya, memberi
  gagasan yang menarik dan menantang. 
·    Siswa
  diminta membuat minimal satu pertanyaan pada lembar kertas yang tersedia
  mengenai apa itu pengertian dari fungsi. 
·    Membahas dan
  diskusi untuk menanyakan berbagai sifat dan khususnya pada fungsi. 
MENGEKSPLORASI: 
·  
  Membahas, menjelaskan, mendeskripsikan konsep,
  sifat dan unsur-unsur yang membentuk fungsi. 
·  
  Membahas, menjelaskan dan mendeksripsikan melalui
  contoh suatu fungsi dan himpunan. 
·  
  Menyajikan hasil pengamatannya
  dalam bentuk diagram anak panah serta mendiskusikan unsur-unsur yang ada
  dalam fungsi. 
·  
  Menyajikan hasil pengamatan dalam
  bentuk Pasangan berurutan panah serta 
  mendiskusikan hubungan dari dua himpunan.  
·  
  Mengkonvensi fungsi dalam bentuk
  pasangan berurutan ke dalam bentuk diagram kartesius kemudian mendiskusikan
  dan menyajikan fungsi dalam bentuk diagram kartesius. 
·  
  mendiskusikan sekaligus menuliskan
  semua fungsi yang tersedia tadi dalam bentuk notasi fungsi  
MENGASOSIASI: 
·   
  Menentukan mana saja yang fungsi
  dan mana yang bukan fungsi dari dua himpunan yang telah di sediakan. 
·   
  Mengklasifikasikan mana fungsi dan
  mana yang bukan beserta memberikan alasan serta argumennya. 
·   
  Membuat berbagai benuk penyajian
  dari hasil diskusi pengamatan. 
·   
  Menentukan mana saja anggota dari
  domain, kodomain dan range dari suatu fungsi serta menunjukan hubungan dari
  ketiganya. 
·   
  Menentukan mana saja anggota dari
  domain, kodomain dan range dari suatu fungsi dan menuliskan bentuk fungsi
  tersebut. 
·   
  Menentukan hal-hal yang perlu
  diperhatikan dalam mengkonvensi bentuk penyajian suatu fungsi serta
  menentukan notasi fungsinya  beserta
  aturannya dalam menentukan notasi fungsinya. 
·   
  Menentukan nilai-nilai dari suatu
  fungsi serta mendiskusikan bagamaina caranya menyelesaikan masalah yang telah
  di sajikan. 
MENGKOMUNIKASIKAN: 
·    Menyampaikan
  materi tentang fungsi yang berkaitan dengan masalah sehari-hari.  
·    Menyampaikan
  pengertian fungsi, anggota-anggota fungsi, nilai-nilai suatu fungsi dan
  penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan kehidupan sehari-hari. 
·    Menyampaikan
  tentang berbagai macam bentuk penyajian serta secara tradisional. | 
SIKAP: 
· Teliti 
· Disiplin 
· Tanggung jawab 
PENGETAHUAN: 
Tugas: 
·  Tes tertulis
  bentuk uraian mengenai penyelesaian masalah sederhana
  yang terkait dengan relasi dan fungsi. 
·   Mengerjakan
  latihan soal-soal mengenai relasi. 
Portofolio: 
·   
  Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas
  yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri. 
·   
  Siswa
  mencari contoh penyajian fungsi dilingkungan sekitar, siswa dapat
  mengkorversikan hasil temuannya ke bentuk penyajian fungsi lain. 
KETERAMPILAN: 
Tes: 
·  Menyajikan
  fungsi dalam berbagai jenis penyajian fungsi 
·  Mencari dan membaca materi
  yang berkaitan dengan hubungan antara
  unsur-unsur dua himpunan dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan fungsi | 
3 X 5 JP | 
·        
  Buku teks matematika
  kemendikbud 
·        
  Lingkungan kelas 
·        
  Buku referensi | 
| 
1.1
  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 
2.1
  Menunjukkan sikap logis,
  kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan
  tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah. 
3.4
  Menentukan gradien persamaan dari grafik garis lurus. | 
Persamaan
  Garis Lurus | 
MENGAMATI: 
Mengamati
  secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
  berkaitan dengan garis lurus. 
MENANYA: 
·    Guru
  memotivasi, mendorong kreativitas siswa dalam bentuk bertanya, memberi
  gagasan yang menarik dan menantang. 
·    Membuat
  pertanyaan yang berkaitan dengan garis lurus. 
·    Membuat
  pertanyaan mengenai penyelesaian dari masalah kemiringan dalam kehidupan
  sehari-hari. 
·    Membuat
  pertanyaan yang berkaitan persamaan garis dan gradiennya. 
MENGEKSPLORASI: 
·    Mendiskusikan
  bentuk fungsi dari suatu garis atau persamaan garis lurus. Serta
  menggambarkan persamaan garis dalam diagram kartesius melalui titik yang di
  ketahui.  
·    Mendiskusikan
  hubungan antara sisi tegak dan sisi alasnya serta kaitanya dengan
  kemiringanya. Selain itu merumuskan rumus dari ketiga sisi tersebut. 
·    Mendiskusikan
  hubungan persamaan garis dan gradiennya. 
MENGASOSIASI: 
·    Menentukan
  persamaan garis lurus untuk menemukan cara yang lebih mudah dalam menentukan
  sebuah persamaan garis lurus. 
·    Menentukan
  hubungan antara sisi tegak dan sisi alasnya serta kaitannya dengan
  kemiringan. 
·    Menentukan
  hubungan persamaan garis dan gradiennya. 
MENGKOMUNIKASIKAN: 
·    Menyampaikan
  materi tentang persamaan garis lurus yang berkaitan dengan masalah
  sehari-hari.  
·    Menyampaikan
  sebuah persamaan garis lurus. 
·    Menyampaikan
  hubungan persamaan garis dan gradien. | 
SIKAP: 
· Teliti 
· Disiplin 
· Tanggung jawab 
PENGETAHUAN: 
Tugas: 
·  
  Mengerjakan latihan soal-soal mengenai kemiringan
  garis, persamaan garis lurus, dua garis yang saling sejajar dan
  dua garis garis berpotongan saling tegak lurus. 
·  
  Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian
  masalah sederhana yang terkait dengan penggunaan
  persamaan garis lurus 
Portofolio: 
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas
  yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri. 
KETERAMPILAN: 
Tes: 
Mencari
  dan membaca materi yang berkaitan dengan persamaan garis lurus dari suatu
  masalah nyata. | 
3 X 5 JP | 
·        
  Buku teks matematika
  kemendikbud 
·        
  Lingkungan kelas 
·        
  Buku referensi | 
| 
1.1
  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 
2.1
  Menunjukkan sikap logis,
  kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan
  tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah. 
3.8
  Memahami Teorema Pythagoras melalui alat peraga dan penyelidikan berbagai
  pola bilangan. 
4.5
  Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menyelesaikan berbagai masalah.  | 
Teorema Pythagoras | 
MENGAMATI: 
Mengamati
  secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
  berkaitan dengan Teorema Pythagoras. 
MENANYA: 
·    Guru memotivasi,
  mendorong kreativitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan
  menantang untuk didalami, misal: Bagaimana menemukan rumus Pythagoras. 
·    Bertanya
  mengenai hubungan antara sisi-sisi segitiga siku-siku dan Teorema Pythagoras. 
·    Bertanya mengenai
  segitiga siku-siku. 
MENGEKSPLORASI: 
·    Menggambar
  atau melukis berbagai bentuk segitiga siku-siku dengan penggaris, busur atau
  jangka serta membahas, mendiskusikan dan menjelaskan unsur, jenis dan sifat
  segitiga siku-siku. 
·    Melakukan
  percobaan mengukur sisi-sisi berbagai segitiga siku-siku untuk menemukan dan
  menjelaskan teorema Pythagoras. 
·    Berlatih
  menentukan sisi-sisi suatu segitiga atau unsur lainnya yang berkaitan dengan
  Teorema Pyhtagoras. 
·    Menggunakan,
  memanfaatkan dan memilih prosedur operasi serta manipulasi matematika yang
  tepat dalam menyelesaikan model dari masalah penerapan Teorema Pyhtagoras. 
·    Menentukan dan menafsirkan solusi atau penyelesaian
  masalah serta memberikan
  alasan berkaitan dengan penerapan teorema Pythagoras. 
·    Mendiskusikan, menjelaskan dan menarik kesimpulan berdasarkan tahapan dan prosedur penyelesaian
  masalah yang
  berkaitan dengan teorema Pythagoras. 
MENGASOSIASI: 
·    Menyelidiki, menganalisis dan menjelaskan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau
  fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan teorema Pythagoras. 
·    Menyelidiki dan menguji kebenaran, syarat
  keberlakuan teorema Pythagoras.
   
·    Menyelidiki, menganalisis dan menyimpulkan sifat
  teorema Pythagoras. 
MENGKOMUNIKASIKAN: 
·    Menyajikan
  secara tertulis atau lisan hasil
  pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau
  strategi atau konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang
  dipelajari
  pada tingkat kelas. 
·    Memberikan
  tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan
  lainnya. 
·    Melakukan
  resume secara lengkap, dan dibantu guru dari konsep yang dipahami,
  keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya. | 
SIKAP: 
· Teliti 
· Disiplin 
· Tanggung jawab 
PENGETAHUAN: 
Tugas: 
·   Merangkum
  materi mengenai teorema Pythagoras dan hubungan antar sisi segitiga khusus. 
·   Menemukan
  panjang salah satu sisi segitiga melalui teorema.  
Portofolio: 
Menyusun
  dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian
  membuat refleksi diri. 
KETERAMPILAN: 
Tes: 
Mencari
  dan membaca materi yang berkaitan dengan teorema Pythagoras dari suatu
  masalah nyata. | 
3 X 5 JP | 
·        
  Buku teks matematika
  kemendikbud 
·        
  Lingkungan kelas 
·        
  Buku referensi | 
| 
1.1
  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.  
2.1
  Menunjukkan sikap logis,
  kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan
  tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah. 
3.14 Memahami
  teknik penataan data dari dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, 
diagram lingkaran, dan grafik garis
  dengan komputer serta menganalisis hubungan antar 
variabel 
4.7 Mengumpulkan, mengolah,
  menginterpretasi, 
dan menampilkan data hasil pengamatan dalam 
bentuk tabel, diagram, dan grafik dari dua 
variabel serta mengidentifikasi hubungan antar 
variabel | 
Statistika | 
MENGAMATI: 
Mengamati
  secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
  berkaitan dengan Statistika. 
MENANYA: 
·    Guru
  memotivasi, mendorong kreativitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang
  menarik dan menantang untuk didalami, misal: Bagaimana menentukan diagram batang, garis dan lingkaran. 
·    Membahas dan diskusi mempertanyakan berbagai aspek statistika, misal: Apa kelebihan dan manfaat mengubah masalah sehari-hari ke dalam
  penyajian data, bagaimana prosedur dan strategi memeriksa kebenarannya. 
MENGEKSPLORASI: 
·    Menjelaskan,
  mendeskripsikan dan membedakan jenis data yang bersifat kualitatif dan
  bersifat kuantitatif. 
·    Mendeskripsikan
  dan menjelaskan penataan data sebagai cara untuk menyajikan informasi agar
  mudah dipagamu karakteristik datanya dalam bentuk tabel, grafik batang,
  diagram lingkaran, dan grafik garis secara manual dan dengan bantuan komputer
  berkaitan dengan penataan data. 
·    Mendeskripsikan
  dan menjelaskan sifat, kelebihan dan alasan memilih jenis penataan data. 
·    Menjelaskan,
  mendeskripsikan dan memilih serta cakupan dan jenis data yang akan diukur,
  dilanjutkan dengan merancang dan menyusun alat pengumpul data yang berupa
  panduan wawancara, alat ukur, formulir isian dan lain sebagainya. 
·    Mengukur objek
  data, mengumpulkan dan mencatat data, dilanjutkan dengan menata, mengolah
  serta menyajikan data dalam bentuk tabel, grafik batang, diagram lingkaran
  dan diagram garis. 
·    Mendeskripsikan
  dan menjelaskan secara sederhana penyajian data dengan menggunakan statistik. 
·    Membahas dan
  mendiskusikan untuk merumuskan berbagai kesimpulan berdasarkan hasil analisis
  data yang telah dilakukan, dan mendeskripsikan dampak yang mungkin terjadi
  dari kesimpulan yang dipilih. 
MENGASOSIASI: 
·    Menyelidiki, menganalisis dan menjelaskan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau
  fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan statistika. 
·    Menyelidiki dan menguji kebenaran, syarat
  keberlakuan statistika.  
·    Menyelidiki, menganalisis dan menyimpulkan statistika. 
MENGKOMUNIKASIKAN: 
·    Menyajikan
  secara tertulis atau lisan hasil
  pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau
  strategi atau konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang
  dipelajari
  pada tingkat kelas. 
·    Memberikan
  tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan
  lainnya. | 
SIKAP: 
· Teliti 
· Disiplin 
· Tanggung jawab 
PENGETAHUAN: 
Tugas: 
·   Mengerjakan latihan
  soal-soal mengenai data, tabel, dan
  diagram. 
·   Tes tertulis bentuk uraian
  mengenai penyelesaian masalah sederhana
  yang terkait dengan data, tabel, dan diagram. 
Portofolio: 
Menyusun
  dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian
  membuat refleksi diri. 
KETERAMPILAN: 
Tes: 
Mencari
  dan membaca materi yang berkaitan dengan statistik dari suatu masalah nyata. | 
3 X 5 JP | 
·        
  Buku teks matematika
  kemendikbud 
·        
  Lingkungan kelas 
·        
  Buku referensi | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar