Rabu, 06 Desember 2017

SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VIII KURIKULUM 2013 (K13 REVISI) SEMESTER GANJIL



SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VIII
KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan    : SMP/MTs
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas/Semester          : VIII/I
Komepetensi Inti*


KI-1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
KI-3
:
Memahami dan menerapakan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4
:
Mencoba,  Mengolah, menyaji, dan  menalar dalam  ranah  konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya


2.1 Menunjukkan perilaku teliti dan sesuai prosedur dalam melakukan aktivitas dirumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi menggambar sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat kartesius mengikuti prosedur.

3.10 Menerapkan lokasi benda dalam koordinat Kartesius dalam menjelaskan posisi relatif terhadap acuan tertentu

Sistem Koordinat
MENGAMATI:
Mengamati secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan sistem koordinat.

MENANYA:
·   Guru memotivasi, mendorong kreatifitas siswa dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami, misal: Bagaimana kebiasaan manusia menggunakan denah, peta, gambar atau kode lainnya untuk menunjukkan letak benda, objek atau tempat serta peletakan tempat tersebut.
·   Membahas dan diskusi untuk menanyakan berbagai sifat dan khususnya persamaan linear dua variabel, misal: Apa kelebihan dan manfaat mengubah masalah sehari-hari yang berkaitan dengan sistem koordinat, jenis sistem koordinat dan sebaliknya.

MENGEKSPLORASI:
·   Membahas, menjelaskan, mendeskripsikan konsep, sifat dan unsur-unsur yang membentuk sistem koordinat kartesius.
·   Membahas, menjelaskan dan mendeksripsikan melalui contoh suatu titik dan bangun datar serta menggambarkannya dalam sistem koordinat kartesius.
·   Menjelaskan denah atau peta posisi dan arah dari suatu benda atau letak suatu tempat serta unsur peta secara lengkap dalam sistem koordinat.
·   menggambar berdasarkan hasil deskripsi denah atau peta dan arah dari suatu benda dan letak suatu tempat pada sistem koordinat.

MENGASOSIASI:
·   Menyelidiki, menganalisis dan membedakan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktivitas sosial sehari-hari yang merupakan sistem koordinat.
·   Menganalisis dan menyimpulkan letak suatu benda bersifat yang relatif  apabila pusat koordinat digeser, dan implementasinya dalam penerapan garis lintang dan garis bujur bumi dan sebagainya.

MENGKOMUNIKASIKAN:
·   Menyajikan secara tertulis atau secara lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, serta strategi atau konsep baru yang ditemukan beradasarkan apa yang dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok.
·   Memberikan tanggapan hasil persentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi atau melengkapi informasi serta tanggapan lainnya.
·   Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu oleh guru dari konsep yang telah dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.

SIKAP:
· Teliti
· Disiplin
· Tanggung jawab

PENGETAHUAN:
Tugas:
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai sistem koordinat.

Portofolio:
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.

KETERAMPILAN:
Tes:
·   Menggunakan koordinat kartesius untuk menentukan posisi titik dan garis terhadap acuan tertentu dilingkungan kelas menggunakan ubin kelas.
·   Mencari dan membaca materi yang berkaitan dengan posisi suatu benda dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan sistem koordinat.
3 x 5 JP
·         Buku teks matematika kemendikbud
·         Lingkungan kelas
·         Peta atau alat peraga koordinat
·         Buku referensi

1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya


2.1 Menunjukkan perilaku teliti dan sesuai prosedur dalam melakukan aktivitas dirumah, sekolah dan masyarakat sebagai wujud implementasi menggambar sketsa fungsi aljabar sederhana.

3.1 Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional dan pecahan.

Operasi aljabar
MENGAMATI:
Mengamati secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan operasi aljabar.

MENANYA:
·    Guru memotivasi, mendorong kreativitas siswa dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang.
·    Membuat pertanyaan yang berkaitan dengan bilangan rasional dan pecahan
·    Membuat pertanyaan yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
·    Membuat pertanyaan yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian bentuk aljabar.

MENGEKSPLORASI:
·    Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional pada masalah yang berbentuk simbolik.
·    Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional pada masalah yang berbentuk verbal.
·    Berdiskusi masalah yang berkaitan dengan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar kemudian disimpulkan isi sifat-sifat penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bentuk operasi aljabar.

MENGASOSIASI:
·    Menganalisis variabel, koefisien, dan konstanta yang terdapat di operasi aljabar.
·    Menganalisis variabel, koefisien, dan konstanta operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar.
·    Menganalisis variabel, koefisien, dan konstanta dalam operasi perkalian dan pembagian aljabar

MENGKOMUNIKASIKAN:
·    Menyampaikan materi tentang bilangan rasional yang berkaitan dengan masalah sehari-hari.
·    Menyampaikan pengertian variabel, koefisien, dan konstanta dan menerapkan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dalam penyelesaian masalah sederhana yang trekait dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bentuk aljabar.


SIKAP:
·    Teliti
·    Disiplin
·    Tanggung jawab

PENGETAHUAN:
Tugas:
·      Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan operasi aljabar
·      Mengerjakan latihan soal-soal mengenai variabel, kontanta, koefisien dan operasi aljabar.

Portofolio:
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.

KETERAMPILAN:
Tes:
Mencari dan membaca materi yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian aljabar dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan operasi aljabar.

3 x 5 JP
·         Buku teks matematika kemendikbud
·         Lingkungan kelas
·         Buku referensi

1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya


2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.

 3.5 Menyajikan fungsi dalam berbagai relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, tabel, grafik dan diagram.



Fungsi
MENGAMATI:
Mengamati secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan operasi aljabar.

MENANYA:
·    Guru memotivasi, mendorong kreativitas siswa dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang.
·    Siswa diminta membuat minimal satu pertanyaan pada lembar kertas yang tersedia mengenai apa itu pengertian dari fungsi.
·    Membahas dan diskusi untuk menanyakan berbagai sifat dan khususnya pada fungsi.

MENGEKSPLORASI:
·   Membahas, menjelaskan, mendeskripsikan konsep, sifat dan unsur-unsur yang membentuk fungsi.
·   Membahas, menjelaskan dan mendeksripsikan melalui contoh suatu fungsi dan himpunan.
·   Menyajikan hasil pengamatannya dalam bentuk diagram anak panah serta mendiskusikan unsur-unsur yang ada dalam fungsi.
·   Menyajikan hasil pengamatan dalam bentuk Pasangan berurutan panah serta  mendiskusikan hubungan dari dua himpunan.
·   Mengkonvensi fungsi dalam bentuk pasangan berurutan ke dalam bentuk diagram kartesius kemudian mendiskusikan dan menyajikan fungsi dalam bentuk diagram kartesius.
·   mendiskusikan sekaligus menuliskan semua fungsi yang tersedia tadi dalam bentuk notasi fungsi

MENGASOSIASI:
·    Menentukan mana saja yang fungsi dan mana yang bukan fungsi dari dua himpunan yang telah di sediakan.
·    Mengklasifikasikan mana fungsi dan mana yang bukan beserta memberikan alasan serta argumennya.
·    Membuat berbagai benuk penyajian dari hasil diskusi pengamatan.
·    Menentukan mana saja anggota dari domain, kodomain dan range dari suatu fungsi serta menunjukan hubungan dari ketiganya.
·    Menentukan mana saja anggota dari domain, kodomain dan range dari suatu fungsi dan menuliskan bentuk fungsi tersebut.
·    Menentukan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonvensi bentuk penyajian suatu fungsi serta menentukan notasi fungsinya  beserta aturannya dalam menentukan notasi fungsinya.
·    Menentukan nilai-nilai dari suatu fungsi serta mendiskusikan bagamaina caranya menyelesaikan masalah yang telah di sajikan.

MENGKOMUNIKASIKAN:
·    Menyampaikan materi tentang fungsi yang berkaitan dengan masalah sehari-hari.
·    Menyampaikan pengertian fungsi, anggota-anggota fungsi, nilai-nilai suatu fungsi dan penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.
·    Menyampaikan tentang berbagai macam bentuk penyajian serta secara tradisional.
SIKAP:
· Teliti
· Disiplin
· Tanggung jawab

PENGETAHUAN:
Tugas:
·  Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan relasi dan fungsi.
·   Mengerjakan latihan soal-soal mengenai relasi.

Portofolio:
·    Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
·    Siswa mencari contoh penyajian fungsi dilingkungan sekitar, siswa dapat mengkorversikan hasil temuannya ke bentuk penyajian fungsi lain.

KETERAMPILAN:
Tes:
·  Menyajikan fungsi dalam berbagai jenis penyajian fungsi
·  Mencari dan membaca materi yang berkaitan dengan hubungan antara unsur-unsur dua himpunan dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan fungsi
3 X 5 JP
·         Buku teks matematika kemendikbud
·         Lingkungan kelas
·         Buku referensi

1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.

3.4 Menentukan gradien persamaan dari grafik garis lurus.

Persamaan Garis Lurus
MENGAMATI:
Mengamati secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan garis lurus.

MENANYA:
·    Guru memotivasi, mendorong kreativitas siswa dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang.
·    Membuat pertanyaan yang berkaitan dengan garis lurus.
·    Membuat pertanyaan mengenai penyelesaian dari masalah kemiringan dalam kehidupan sehari-hari.
·    Membuat pertanyaan yang berkaitan persamaan garis dan gradiennya.

MENGEKSPLORASI:
·    Mendiskusikan bentuk fungsi dari suatu garis atau persamaan garis lurus. Serta menggambarkan persamaan garis dalam diagram kartesius melalui titik yang di ketahui.
·    Mendiskusikan hubungan antara sisi tegak dan sisi alasnya serta kaitanya dengan kemiringanya. Selain itu merumuskan rumus dari ketiga sisi tersebut.
·    Mendiskusikan hubungan persamaan garis dan gradiennya.

MENGASOSIASI:
·    Menentukan persamaan garis lurus untuk menemukan cara yang lebih mudah dalam menentukan sebuah persamaan garis lurus.
·    Menentukan hubungan antara sisi tegak dan sisi alasnya serta kaitannya dengan kemiringan.
·    Menentukan hubungan persamaan garis dan gradiennya.

MENGKOMUNIKASIKAN:
·    Menyampaikan materi tentang persamaan garis lurus yang berkaitan dengan masalah sehari-hari.
·    Menyampaikan sebuah persamaan garis lurus.
·    Menyampaikan hubungan persamaan garis dan gradien.
SIKAP:
· Teliti
· Disiplin
· Tanggung jawab

PENGETAHUAN:
Tugas:
·   Mengerjakan latihan soal-soal mengenai kemiringan garis, persamaan garis lurus, dua garis yang saling sejajar dan dua garis garis berpotongan saling tegak lurus.
·   Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan penggunaan persamaan garis lurus


Portofolio:
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.

KETERAMPILAN:
Tes:
Mencari dan membaca materi yang berkaitan dengan persamaan garis lurus dari suatu masalah nyata.
3 X 5 JP
·         Buku teks matematika kemendikbud
·         Lingkungan kelas
·         Buku referensi

1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.

3.8 Memahami Teorema Pythagoras melalui alat peraga dan penyelidikan berbagai pola bilangan.

4.5 Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menyelesaikan berbagai masalah.

Teorema Pythagoras
MENGAMATI:
Mengamati secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras.

MENANYA:
·    Guru memotivasi, mendorong kreativitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami, misal: Bagaimana menemukan rumus Pythagoras.
·    Bertanya mengenai hubungan antara sisi-sisi segitiga siku-siku dan Teorema Pythagoras.
·    Bertanya mengenai segitiga siku-siku.

MENGEKSPLORASI:
·    Menggambar atau melukis berbagai bentuk segitiga siku-siku dengan penggaris, busur atau jangka serta membahas, mendiskusikan dan menjelaskan unsur, jenis dan sifat segitiga siku-siku.
·    Melakukan percobaan mengukur sisi-sisi berbagai segitiga siku-siku untuk menemukan dan menjelaskan teorema Pythagoras.
·    Berlatih menentukan sisi-sisi suatu segitiga atau unsur lainnya yang berkaitan dengan Teorema Pyhtagoras.
·    Menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah penerapan Teorema Pyhtagoras.
·    Menentukan dan menafsirkan solusi atau penyelesaian masalah serta memberikan alasan berkaitan dengan penerapan teorema Pythagoras.
·    Mendiskusikan, menjelaskan dan menarik kesimpulan berdasarkan tahapan dan prosedur penyelesaian masalah yang berkaitan dengan teorema Pythagoras.

MENGASOSIASI:
·    Menyelidiki, menganalisis dan menjelaskan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan teorema Pythagoras.
·    Menyelidiki dan menguji kebenaran, syarat keberlakuan teorema Pythagoras.
·    Menyelidiki, menganalisis dan menyimpulkan sifat teorema Pythagoras.

MENGKOMUNIKASIKAN:
·    Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari pada tingkat kelas.
·    Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
·    Melakukan resume secara lengkap, dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.

SIKAP:
· Teliti
· Disiplin
· Tanggung jawab

PENGETAHUAN:
Tugas:
·   Merangkum materi mengenai teorema Pythagoras dan hubungan antar sisi segitiga khusus.
·   Menemukan panjang salah satu sisi segitiga melalui teorema.

Portofolio:
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.

KETERAMPILAN:
Tes:
Mencari dan membaca materi yang berkaitan dengan teorema Pythagoras dari suatu masalah nyata.

3 X 5 JP
·         Buku teks matematika kemendikbud
·         Lingkungan kelas
·         Buku referensi

1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.

3.14 Memahami teknik penataan data dari dua variabel menggunakan tabel, grafik batang,
diagram lingkaran, dan grafik garis dengan komputer serta menganalisis hubungan antar
variabel

4.7 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi,
dan menampilkan data hasil pengamatan dalam
bentuk tabel, diagram, dan grafik dari dua
variabel serta mengidentifikasi hubungan antar
variabel
Statistika
MENGAMATI:
Mengamati secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan Statistika.

MENANYA:
·    Guru memotivasi, mendorong kreativitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami, misal: Bagaimana menentukan diagram batang, garis dan lingkaran.
·    Membahas dan diskusi mempertanyakan berbagai aspek statistika, misal: Apa kelebihan dan manfaat mengubah masalah sehari-hari ke dalam penyajian data, bagaimana prosedur dan strategi memeriksa kebenarannya.

MENGEKSPLORASI:
·    Menjelaskan, mendeskripsikan dan membedakan jenis data yang bersifat kualitatif dan bersifat kuantitatif.
·    Mendeskripsikan dan menjelaskan penataan data sebagai cara untuk menyajikan informasi agar mudah dipagamu karakteristik datanya dalam bentuk tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis secara manual dan dengan bantuan komputer berkaitan dengan penataan data.
·    Mendeskripsikan dan menjelaskan sifat, kelebihan dan alasan memilih jenis penataan data.
·    Menjelaskan, mendeskripsikan dan memilih serta cakupan dan jenis data yang akan diukur, dilanjutkan dengan merancang dan menyusun alat pengumpul data yang berupa panduan wawancara, alat ukur, formulir isian dan lain sebagainya.
·    Mengukur objek data, mengumpulkan dan mencatat data, dilanjutkan dengan menata, mengolah serta menyajikan data dalam bentuk tabel, grafik batang, diagram lingkaran dan diagram garis.
·    Mendeskripsikan dan menjelaskan secara sederhana penyajian data dengan menggunakan statistik.
·    Membahas dan mendiskusikan untuk merumuskan berbagai kesimpulan berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, dan mendeskripsikan dampak yang mungkin terjadi dari kesimpulan yang dipilih.

MENGASOSIASI:
·    Menyelidiki, menganalisis dan menjelaskan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan statistika.
·    Menyelidiki dan menguji kebenaran, syarat keberlakuan statistika.
·    Menyelidiki, menganalisis dan menyimpulkan statistika.

MENGKOMUNIKASIKAN:
·    Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari pada tingkat kelas.
·    Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.

SIKAP:
· Teliti
· Disiplin
· Tanggung jawab

PENGETAHUAN:
Tugas:
·   Mengerjakan latihan soal-soal mengenai data, tabel, dan diagram.
·   Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan data, tabel, dan diagram.

Portofolio:
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.

KETERAMPILAN:
Tes:
Mencari dan membaca materi yang berkaitan dengan statistik dari suatu masalah nyata.
3 X 5 JP
·         Buku teks matematika kemendikbud
·         Lingkungan kelas
·         Buku referensi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar