SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
VIII/I
Komepetensi Inti*
|
||
KI-1
|
:
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
KI-2
|
:
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
|
KI-3
|
:
|
Memahami
dan menerapakan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
|
KI-4
|
:
|
Mencoba, Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1.1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.1
Menunjukkan perilaku teliti dan sesuai prosedur dalam melakukan aktivitas
dirumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi menggambar sketsa
grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat kartesius mengikuti
prosedur.
3.10
Menerapkan lokasi benda dalam koordinat Kartesius dalam menjelaskan posisi
relatif terhadap acuan tertentu
|
Sistem
Koordinat
|
MENGAMATI:
Mengamati
secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
berkaitan dengan sistem koordinat.
MENANYA:
· Guru
memotivasi, mendorong kreatifitas siswa dalam bentuk bertanya, memberi
gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami, misal: Bagaimana kebiasaan
manusia menggunakan denah, peta, gambar atau kode lainnya untuk menunjukkan
letak benda, objek atau tempat serta peletakan tempat tersebut.
· Membahas dan
diskusi untuk menanyakan berbagai sifat dan khususnya persamaan linear dua
variabel, misal: Apa kelebihan dan manfaat mengubah masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan sistem koordinat, jenis sistem koordinat dan sebaliknya.
MENGEKSPLORASI:
·
Membahas, menjelaskan, mendeskripsikan konsep,
sifat dan unsur-unsur yang membentuk sistem koordinat kartesius.
·
Membahas, menjelaskan dan mendeksripsikan melalui
contoh suatu titik dan bangun datar serta menggambarkannya dalam sistem
koordinat kartesius.
·
Menjelaskan denah atau peta posisi dan arah dari
suatu benda atau letak suatu tempat serta unsur peta secara lengkap dalam
sistem koordinat.
·
menggambar berdasarkan hasil deskripsi denah atau
peta dan arah dari suatu benda dan letak suatu tempat pada sistem koordinat.
MENGASOSIASI:
·
Menyelidiki, menganalisis dan membedakan melalui
contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktivitas sosial
sehari-hari yang merupakan sistem koordinat.
·
Menganalisis dan menyimpulkan letak suatu benda
bersifat yang relatif apabila pusat
koordinat digeser, dan implementasinya dalam penerapan garis lintang dan
garis bujur bumi dan sebagainya.
MENGKOMUNIKASIKAN:
·
Menyajikan secara tertulis atau secara lisan hasil
pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih
perlu ditingkatkan, serta strategi atau konsep baru yang ditemukan
beradasarkan apa yang dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok.
·
Memberikan tanggapan hasil persentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan
informasi atau melengkapi informasi serta tanggapan lainnya.
·
Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan
dibantu oleh guru dari konsep yang telah dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya.
|
SIKAP:
· Teliti
· Disiplin
· Tanggung jawab
PENGETAHUAN:
Tugas:
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai sistem koordinat.
Portofolio:
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
KETERAMPILAN:
Tes:
· Menggunakan koordinat kartesius untuk
menentukan posisi titik dan garis terhadap acuan tertentu dilingkungan kelas
menggunakan ubin kelas.
·
Mencari dan membaca materi yang berkaitan dengan posisi suatu
benda dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan sistem koordinat.
|
3 x 5 JP
|
·
Buku teks matematika
kemendikbud
·
Lingkungan kelas
·
Peta atau alat peraga
koordinat
·
Buku referensi
|
1.1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.1
Menunjukkan perilaku teliti dan sesuai prosedur dalam melakukan aktivitas
dirumah, sekolah dan masyarakat sebagai wujud implementasi menggambar sketsa
fungsi aljabar sederhana.
3.1
Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional dan pecahan.
|
Operasi
aljabar
|
MENGAMATI:
Mengamati
secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
berkaitan dengan operasi aljabar.
MENANYA:
· Guru
memotivasi, mendorong kreativitas siswa dalam bentuk bertanya, memberi
gagasan yang menarik dan menantang.
· Membuat
pertanyaan yang berkaitan dengan bilangan rasional dan pecahan
· Membuat
pertanyaan yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
· Membuat
pertanyaan yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian bentuk aljabar.
MENGEKSPLORASI:
· Menerapkan
operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional pada masalah yang berbentuk
simbolik.
· Menerapkan
operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional pada masalah yang berbentuk
verbal.
· Berdiskusi
masalah yang berkaitan dengan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk
aljabar kemudian disimpulkan isi sifat-sifat penjumlahan, pengurangan,
perkalian dan pembagian bentuk operasi aljabar.
MENGASOSIASI:
· Menganalisis variabel,
koefisien, dan konstanta yang terdapat di operasi aljabar.
· Menganalisis
variabel, koefisien, dan konstanta operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk
aljabar.
· Menganalisis
variabel, koefisien, dan konstanta dalam operasi perkalian dan pembagian aljabar
MENGKOMUNIKASIKAN:
· Menyampaikan
materi tentang bilangan rasional yang berkaitan dengan masalah sehari-hari.
· Menyampaikan
pengertian variabel, koefisien, dan konstanta dan menerapkan operasi
penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dalam penyelesaian masalah
sederhana yang trekait dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan
pembagian bentuk aljabar.
|
SIKAP:
· Teliti
· Disiplin
· Tanggung jawab
PENGETAHUAN:
Tugas:
· Tes tertulis bentuk uraian
mengenai penyelesaian masalah sederhana
yang terkait dengan operasi aljabar
· Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai variabel, kontanta, koefisien dan operasi aljabar.
Portofolio:
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas
yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
KETERAMPILAN:
Tes:
Mencari
dan membaca materi yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian
dan pembagian aljabar dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan operasi
aljabar.
|
3 x 5 JP
|
·
Buku teks matematika
kemendikbud
·
Lingkungan kelas
·
Buku referensi
|
1.1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.1
Menunjukkan sikap logis,
kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan
tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
3.5
Menyajikan fungsi dalam berbagai relasi, pasangan berurut, rumus fungsi,
tabel, grafik dan diagram.
|
Fungsi
|
MENGAMATI:
Mengamati
secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
berkaitan dengan operasi aljabar.
MENANYA:
· Guru
memotivasi, mendorong kreativitas siswa dalam bentuk bertanya, memberi
gagasan yang menarik dan menantang.
· Siswa
diminta membuat minimal satu pertanyaan pada lembar kertas yang tersedia
mengenai apa itu pengertian dari fungsi.
· Membahas dan
diskusi untuk menanyakan berbagai sifat dan khususnya pada fungsi.
MENGEKSPLORASI:
·
Membahas, menjelaskan, mendeskripsikan konsep,
sifat dan unsur-unsur yang membentuk fungsi.
·
Membahas, menjelaskan dan mendeksripsikan melalui
contoh suatu fungsi dan himpunan.
·
Menyajikan hasil pengamatannya
dalam bentuk diagram anak panah serta mendiskusikan unsur-unsur yang ada
dalam fungsi.
·
Menyajikan hasil pengamatan dalam
bentuk Pasangan berurutan panah serta
mendiskusikan hubungan dari dua himpunan.
·
Mengkonvensi fungsi dalam bentuk
pasangan berurutan ke dalam bentuk diagram kartesius kemudian mendiskusikan
dan menyajikan fungsi dalam bentuk diagram kartesius.
·
mendiskusikan sekaligus menuliskan
semua fungsi yang tersedia tadi dalam bentuk notasi fungsi
MENGASOSIASI:
·
Menentukan mana saja yang fungsi
dan mana yang bukan fungsi dari dua himpunan yang telah di sediakan.
·
Mengklasifikasikan mana fungsi dan
mana yang bukan beserta memberikan alasan serta argumennya.
·
Membuat berbagai benuk penyajian
dari hasil diskusi pengamatan.
·
Menentukan mana saja anggota dari
domain, kodomain dan range dari suatu fungsi serta menunjukan hubungan dari
ketiganya.
·
Menentukan mana saja anggota dari
domain, kodomain dan range dari suatu fungsi dan menuliskan bentuk fungsi
tersebut.
·
Menentukan hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam mengkonvensi bentuk penyajian suatu fungsi serta
menentukan notasi fungsinya beserta
aturannya dalam menentukan notasi fungsinya.
·
Menentukan nilai-nilai dari suatu
fungsi serta mendiskusikan bagamaina caranya menyelesaikan masalah yang telah
di sajikan.
MENGKOMUNIKASIKAN:
· Menyampaikan
materi tentang fungsi yang berkaitan dengan masalah sehari-hari.
· Menyampaikan
pengertian fungsi, anggota-anggota fungsi, nilai-nilai suatu fungsi dan
penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.
· Menyampaikan
tentang berbagai macam bentuk penyajian serta secara tradisional.
|
SIKAP:
· Teliti
· Disiplin
· Tanggung jawab
PENGETAHUAN:
Tugas:
· Tes tertulis
bentuk uraian mengenai penyelesaian masalah sederhana
yang terkait dengan relasi dan fungsi.
· Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai relasi.
Portofolio:
·
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas
yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
·
Siswa
mencari contoh penyajian fungsi dilingkungan sekitar, siswa dapat
mengkorversikan hasil temuannya ke bentuk penyajian fungsi lain.
KETERAMPILAN:
Tes:
· Menyajikan
fungsi dalam berbagai jenis penyajian fungsi
· Mencari dan membaca materi
yang berkaitan dengan hubungan antara
unsur-unsur dua himpunan dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan fungsi
|
3 X 5 JP
|
·
Buku teks matematika
kemendikbud
·
Lingkungan kelas
·
Buku referensi
|
1.1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan sikap logis,
kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan
tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
3.4
Menentukan gradien persamaan dari grafik garis lurus.
|
Persamaan
Garis Lurus
|
MENGAMATI:
Mengamati
secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
berkaitan dengan garis lurus.
MENANYA:
· Guru
memotivasi, mendorong kreativitas siswa dalam bentuk bertanya, memberi
gagasan yang menarik dan menantang.
· Membuat
pertanyaan yang berkaitan dengan garis lurus.
· Membuat
pertanyaan mengenai penyelesaian dari masalah kemiringan dalam kehidupan
sehari-hari.
· Membuat
pertanyaan yang berkaitan persamaan garis dan gradiennya.
MENGEKSPLORASI:
· Mendiskusikan
bentuk fungsi dari suatu garis atau persamaan garis lurus. Serta
menggambarkan persamaan garis dalam diagram kartesius melalui titik yang di
ketahui.
· Mendiskusikan
hubungan antara sisi tegak dan sisi alasnya serta kaitanya dengan
kemiringanya. Selain itu merumuskan rumus dari ketiga sisi tersebut.
· Mendiskusikan
hubungan persamaan garis dan gradiennya.
MENGASOSIASI:
· Menentukan
persamaan garis lurus untuk menemukan cara yang lebih mudah dalam menentukan
sebuah persamaan garis lurus.
· Menentukan
hubungan antara sisi tegak dan sisi alasnya serta kaitannya dengan
kemiringan.
· Menentukan
hubungan persamaan garis dan gradiennya.
MENGKOMUNIKASIKAN:
· Menyampaikan
materi tentang persamaan garis lurus yang berkaitan dengan masalah
sehari-hari.
· Menyampaikan
sebuah persamaan garis lurus.
· Menyampaikan
hubungan persamaan garis dan gradien.
|
SIKAP:
· Teliti
· Disiplin
· Tanggung jawab
PENGETAHUAN:
Tugas:
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai kemiringan
garis, persamaan garis lurus, dua garis yang saling sejajar dan
dua garis garis berpotongan saling tegak lurus.
·
Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian
masalah sederhana yang terkait dengan penggunaan
persamaan garis lurus
Portofolio:
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas
yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
KETERAMPILAN:
Tes:
Mencari
dan membaca materi yang berkaitan dengan persamaan garis lurus dari suatu
masalah nyata.
|
3 X 5 JP
|
·
Buku teks matematika
kemendikbud
·
Lingkungan kelas
·
Buku referensi
|
1.1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan sikap logis,
kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan
tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
3.8
Memahami Teorema Pythagoras melalui alat peraga dan penyelidikan berbagai
pola bilangan.
4.5
Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menyelesaikan berbagai masalah.
|
Teorema Pythagoras
|
MENGAMATI:
Mengamati
secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
berkaitan dengan Teorema Pythagoras.
MENANYA:
· Guru memotivasi,
mendorong kreativitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan
menantang untuk didalami, misal: Bagaimana menemukan rumus Pythagoras.
· Bertanya
mengenai hubungan antara sisi-sisi segitiga siku-siku dan Teorema Pythagoras.
· Bertanya mengenai
segitiga siku-siku.
MENGEKSPLORASI:
· Menggambar
atau melukis berbagai bentuk segitiga siku-siku dengan penggaris, busur atau
jangka serta membahas, mendiskusikan dan menjelaskan unsur, jenis dan sifat
segitiga siku-siku.
· Melakukan
percobaan mengukur sisi-sisi berbagai segitiga siku-siku untuk menemukan dan
menjelaskan teorema Pythagoras.
· Berlatih
menentukan sisi-sisi suatu segitiga atau unsur lainnya yang berkaitan dengan
Teorema Pyhtagoras.
· Menggunakan,
memanfaatkan dan memilih prosedur operasi serta manipulasi matematika yang
tepat dalam menyelesaikan model dari masalah penerapan Teorema Pyhtagoras.
· Menentukan dan menafsirkan solusi atau penyelesaian
masalah serta memberikan
alasan berkaitan dengan penerapan teorema Pythagoras.
· Mendiskusikan, menjelaskan dan menarik kesimpulan berdasarkan tahapan dan prosedur penyelesaian
masalah yang
berkaitan dengan teorema Pythagoras.
MENGASOSIASI:
· Menyelidiki, menganalisis dan menjelaskan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau
fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan teorema Pythagoras.
· Menyelidiki dan menguji kebenaran, syarat
keberlakuan teorema Pythagoras.
· Menyelidiki, menganalisis dan menyimpulkan sifat
teorema Pythagoras.
MENGKOMUNIKASIKAN:
· Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil
pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau
strategi atau konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang
dipelajari
pada tingkat kelas.
· Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan
lainnya.
· Melakukan
resume secara lengkap, dan dibantu guru dari konsep yang dipahami,
keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
SIKAP:
· Teliti
· Disiplin
· Tanggung jawab
PENGETAHUAN:
Tugas:
· Merangkum
materi mengenai teorema Pythagoras dan hubungan antar sisi segitiga khusus.
· Menemukan
panjang salah satu sisi segitiga melalui teorema.
Portofolio:
Menyusun
dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian
membuat refleksi diri.
KETERAMPILAN:
Tes:
Mencari
dan membaca materi yang berkaitan dengan teorema Pythagoras dari suatu
masalah nyata.
|
3 X 5 JP
|
·
Buku teks matematika
kemendikbud
·
Lingkungan kelas
·
Buku referensi
|
1.1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan sikap logis,
kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan
tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
3.14 Memahami
teknik penataan data dari dua variabel menggunakan tabel, grafik batang,
diagram lingkaran, dan grafik garis
dengan komputer serta menganalisis hubungan antar
variabel
4.7 Mengumpulkan, mengolah,
menginterpretasi,
dan menampilkan data hasil pengamatan dalam
bentuk tabel, diagram, dan grafik dari dua
variabel serta mengidentifikasi hubungan antar
variabel
|
Statistika
|
MENGAMATI:
Mengamati
secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
berkaitan dengan Statistika.
MENANYA:
· Guru
memotivasi, mendorong kreativitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang
menarik dan menantang untuk didalami, misal: Bagaimana menentukan diagram batang, garis dan lingkaran.
· Membahas dan diskusi mempertanyakan berbagai aspek statistika, misal: Apa kelebihan dan manfaat mengubah masalah sehari-hari ke dalam
penyajian data, bagaimana prosedur dan strategi memeriksa kebenarannya.
MENGEKSPLORASI:
· Menjelaskan,
mendeskripsikan dan membedakan jenis data yang bersifat kualitatif dan
bersifat kuantitatif.
· Mendeskripsikan
dan menjelaskan penataan data sebagai cara untuk menyajikan informasi agar
mudah dipagamu karakteristik datanya dalam bentuk tabel, grafik batang,
diagram lingkaran, dan grafik garis secara manual dan dengan bantuan komputer
berkaitan dengan penataan data.
· Mendeskripsikan
dan menjelaskan sifat, kelebihan dan alasan memilih jenis penataan data.
· Menjelaskan,
mendeskripsikan dan memilih serta cakupan dan jenis data yang akan diukur,
dilanjutkan dengan merancang dan menyusun alat pengumpul data yang berupa
panduan wawancara, alat ukur, formulir isian dan lain sebagainya.
· Mengukur objek
data, mengumpulkan dan mencatat data, dilanjutkan dengan menata, mengolah
serta menyajikan data dalam bentuk tabel, grafik batang, diagram lingkaran
dan diagram garis.
· Mendeskripsikan
dan menjelaskan secara sederhana penyajian data dengan menggunakan statistik.
· Membahas dan
mendiskusikan untuk merumuskan berbagai kesimpulan berdasarkan hasil analisis
data yang telah dilakukan, dan mendeskripsikan dampak yang mungkin terjadi
dari kesimpulan yang dipilih.
MENGASOSIASI:
· Menyelidiki, menganalisis dan menjelaskan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau
fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan statistika.
· Menyelidiki dan menguji kebenaran, syarat
keberlakuan statistika.
· Menyelidiki, menganalisis dan menyimpulkan statistika.
MENGKOMUNIKASIKAN:
· Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil
pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau
strategi atau konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang
dipelajari
pada tingkat kelas.
· Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan
lainnya.
|
SIKAP:
· Teliti
· Disiplin
· Tanggung jawab
PENGETAHUAN:
Tugas:
· Mengerjakan latihan
soal-soal mengenai data, tabel, dan
diagram.
· Tes tertulis bentuk uraian
mengenai penyelesaian masalah sederhana
yang terkait dengan data, tabel, dan diagram.
Portofolio:
Menyusun
dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian
membuat refleksi diri.
KETERAMPILAN:
Tes:
Mencari
dan membaca materi yang berkaitan dengan statistik dari suatu masalah nyata.
|
3 X 5 JP
|
·
Buku teks matematika
kemendikbud
·
Lingkungan kelas
·
Buku referensi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar